Pages

Temen Curhat

Minggu, 30 Mei 2010

Filosofi Seruling Bambu

Seruling bambu,

Hari ini aku pengen meresapi "filosofi seruling bambu", sebenernya filosofi bikinan sendiri hasil ngarang2 sih, hehhe...

Seruling bambu, sepotong bambu kecil, berlubang, yah begitu-begitu saja...
Dari bambu yang kecil, jelek dan bahkan mungkin gak berguna bisa jadi sesuatu yang berguna banget
bahasa kerennya sih from zero to hero, hehhehe....
Dari bahan pembentuknya aja cuma sepotong bambu kecil, udah gitu berlobang-lobang, bentuknya juga gitu-gitu aja, tapi...
Dari yang begitu-begitu saja itulah seruling bambu bisa membawa kedamaian, bisa membawa kebahagiaan. 
alunannya... mendamaikan (tapi bagi yang bisa memainkannya, kalo yang gak bisa ya cuma bikin pekak telinga saja, hehhe...)
Seruling bambu... alunan dari sawah sampai ke panggung dangdut, hehhe... biarpun dibilang gak elit tapi yang penting kan berguna dan yang pasti bisa bikin orang happy, iya gak...

Sebenernya intinya gini ni... 

Manusia itu semua terlahir dari nol, dari yang gak tau apa-apa menjadi tau apa-apa, dari yang gitu-gitu aja bisa jadi sesosok manusia yang berguna. nah sama tuh ma seruling bambu, dari bambu kecil, gitu-gitu doank bisa bikin orang happy, tapi asalkan yang memainkannya bisa. 

Sama juga dengan manusia, semua terlahir dari nol, berkembang, belajar, semuanya proses. Dari yang bukan apa-apa, ASALKAN bisa memainkan perannya dengan baik maka bakalan jadi sosok yang berguna, TAPI jika peran itu dimainkan sesuka hati maka akan datengin bencana datengin maksiat doank. Seperti seruling bambu yang dimainkan dengan baik akan membawa kedamaian, tapi jika yang mainin asal-asalan bakal bikin yang dengar emosi, bikin kuping sakit. 

Nah itu dia, manusia juga wajib memerankan perannya dengan baik biar bisa jadi sosok yang berguna buat orang lain, gak peduli kamu dari keluarga macam apa dengan paras macam apa, semua bisa jadi berguna asal kita tahu kemampuan kita, mengasahnya dengan baik, dan memainkan peran kita dengan baik pula.

so, be a great people guys... no matter who you are!!!! okay...??!! ^^

read more...

Sabtu, 29 Mei 2010

Ini Tentang Lelaki Sejati

hadhuhhh... lagi2 sy nyomot postingan blog orang, hehhehe....
gapapalah... yg suka posting blog orla jg banyak kok, hehhe.... :)
nih dia ni... tentang laki-laki sejati.... hohoho....
kayak gimana sih laki-laki sejati seharusnya????

Laki-laki Sejati bukanlah dilihat dari bahunya yang kekar,
Tetapi dari kasih sayangnya pada orang disekitarnya
Laki-laki Sejati bukanlah dilihat dari suaranya yang lantang,
Tetapi dari kelembutannya mengatakan kebenaran
Laki-laki Sejati bukanlah dilihat dari jumlah sahabat di sekitarnya,
Tetapi dari sikap bersahabatnya pada generasi muda bangsa
Laki-laki Sejati bukanlah dilihat dari bagaimana dia dihormati ditempat
bekerja,
Tetapi dari bagaimana dia dihormati di dalam rumah
Laki-laki Sejati bukanlah dilihat dari kerasnya pukulan,
Tetapi dari sikap bijaknya memahami persoalan

Laki-laki Sejati bukanlah dilihat dari dadanya yang bidang,
Tetapi dari hati yang ada dibalik itu
Laki-laki Sejati bukanlah dilihat dari banyaknya wanita yg memuja,
Tetapi komitmennya terhadap wanita yang dicintainya
Laki-laki Sejati bukanlah dilihat dari barbel yang dibebankan,
Tetapi dari tabahnya dia menghadapi lika-liku kehidupan
Laki-laki Sejati bukanlah dilihat dari kerasnya membaca kitab suci,
Tetapi dari konsistennya dia menjalankan apa yang ia baca...


nah bagi cewek2, silahkan cowoknya diseleksi apa dia laki-laki sejati atau bukan...
bagi cowok2, lihat deh... kalian dah bisa disebut laki-laki sejati ato belom... so, be a man guy!!! ^^

Source: http://letnannit.blogspot.com/2010/04/laki-laki-sejati.html
read more...

Belajar Bijak dari Kata-Kata Bijak

ahhh, sekali2 quote artikel orang ahhh...
barusan nemu kumpulan kata2kata bijak dari blog orang...
jadi sadar, ternyata udah setua ini saya masih terlalu bodoh dan cupu... :(

nih... ada kumpulan kata-kata bijak dari blog orang... mo aq share buat nglanjutin rantai pahala kalo artikel ini bisa berguna buat yang baca... hehhe...

1. Sungguh benar bahwa kita tidak tahu apa yang kita milik sampai kita kehilangannya, tetapi sungguh benar pula bahwa kita tidak tahu apa yang belum pernah kita miliki sampai kita mendapatkannya.

2. Ketika satu pintu kebahagiaan tertutup, pintu yang lain dibukakan. Tetapi acapkali kita terpaku terlalu lama pada pintu yang tertutup sehingga tidak melihat pintu lain yang dibukakan bagi kita.

3. Bermimpilah tentang apa yang ingin kamu impikan, pergilah ke tempat-tempat kamu ingin pergi, jadilah seperti yang kamu inginkan, karena kamu hanya memiliki satu kehidupan dan satu kesempatan untuk melakukan hal-hal yang ingin kamu lakukan

4. Semoga kamu mendapatkan kebahagiaan yang cukup untuk membuatmu baik hati, cobaan yang cukup untuk membuatmu kuat, kesedihan yang cukup untuk membuatmu manusiawi, pengharapan yang cukup untuk membuatmu bahagia dan uang yang cukup untuk membeli hadiah-hadiah.

5. Ada saat-saat dalam hidup ketika kamu sangat merindukan seseorang, sehingga ingin hati menjemputnya dari alam mimpi dan memeluknya dalam alam nyata. Semoga kamu memimpikan orang seperti itu.

6. Sahabat terbaik adalah dia yang dapat duduk berayun-ayun di beranda bersamamu, tanpa mengucapkan sepatah katapun, dan kemudian kamu meninggalkannya dengan perasaan telah bercakap-cakap lama dengannya.

7. Jangan tertarik kepada seseorang karena parasnya, sebab keelokan paras dapat menyesatkan. Jangan pula tertarik kepada kekayaannya, karena kekayaan dapat musnah. Tertariklah kepada seseorang yang dapat membuatmu tersenyum, karena hanya senyum yang dapat membuat hari-hari yang gelap menjadi cerah. Semoga kamu menemukan orang seperti itu.


8. Pandanglah segala sesuatu dari kacamata orang lain. Apabila hal itu menyakitkan hatimu, sangat mungkin hal itu menyakitkan hati orang itu pula.

9. Kata-kata yang diucapkan sembarangan dapat menyulut perselisihan. Kata-kata yang kejam dapat menghancurkan suatu kehidupan. Kata-kata yang diucapkan pada tempatnya dapat meredakan ketegangan. Kata-kata yang penuh cinta dapat menyembuhkan dan memberkahi.

10. Awal dari cinta adalah membiarkan orang yang kita cinta menjadi dirinya sendiri, dan tidak merubahnya menjadi gambaran yang kita inginkan. Jika tidak, kita hanya mencintai pantulan diri sendiri yang kita temukan di dalam dia.

11. Orang-orang yang paling berbahagia tidak selalu memiliki hal-hal terbaik, mereka hanya berusaha menjadikan yang terbaik dari setiap hal yang hadir dalam hidupnya.

12. Mungkin Tuhan menginginkan kita bertemu dengan beberapa orang yang salah sebelum bertemu dengan orang yang tepat, kita harus mengerti bagaimana berterima kasih atas karunia itu.

13. Hanya diperlukan waktu semenit untuk menaksir seseorang, sejam untuk menyukai seseorang dan sehari untuk mencintai seseorang tetapi diperlukan waktu seumur hidup untuk melupakan seseorang.

14. Kebahagiaan tersedia bagi mereka yang menangis, mereka yang disakiti hatinya, mereka yang mencari dan mereka yang mencoba. Karena hanya mereka itulah yang menghargai pentingnya orang-orang yang pernah hadir dalam hidup mereka.

15. Cinta adalah jika kamu kehilangan rasa, gairah, romantika dan masih tetap peduli padanya.

source: http://letnannit.blogspot.com/2010/05/kumpulan-kata-kata-bijak.html
read more...

Kamis, 27 Mei 2010

Inilah Cinta di Mataku

cinta itu tidak butuh pengorbanan...
yang cinta butuhkan adalah ketulusan...
ketika kamu menyayangi seseorang dan kamu menganggap kamu berkorban untuk dia, maka yang ada hanyalah kesakithatian...
kesakithatian untuk mengharapkan balasan...
jika cinta itu benar-benar ada, maka tidak akan ada yang merasa terkorbankan...
janganlah pernah menganggap yang kamu lakukan adalah pengorbanan...
karena, jika kamu menganggap kamu telah berkorban, itu brarti kamu menuding orang lain telah menyakitimu...
sedangkan cinta, ada bukan untuk menyakiti...
cinta datang untuk berbagi...
berbagi rasa...berbagi kasih...
sama rasa sama karsa...
tidak ada ketimpangan, semua dipikul bersama...
tidak ada yang tersakiti atau merasa tersakiti...
dan semua itu bakalan terwujud saat keduanya mempunyai ketulusan...
karena tulus adalah penggambaran paling murni dari makna cinta

Semarang, 27 Mei 2010
read more...

Jumat, 21 Mei 2010

Succes is not Final, Failure is not Fatal

When you make a big failure
You'll feel the ground under your step is up-side down
and the big wall squeezing your chest
you'll feel so pain
and you'll loose your confident
but, remember
Life must go on
Stand Up
Smile
and say "I can do this!"
and just remember
"Success is not Final, Failure is not Fatal"

January, 2009
read more...

Jumat, 14 Mei 2010

ANITA

A glowing crescent beneath the hill
No such a heavy heart
In her game of life
There is no rain under the rainbow
And Just the euphoria on her

Semarang,2008
read more...

Saussure dan Teori Struktural

Ferdinand de Saussure (bapak linguistik modern), adalah pelopor teori struktural klasik, kajian struktural adalah meneliti dan mendeskripsikan bahasa berdasarkan ciri atau sifat khas yang dimiliki bahasa itu. Saussure adalah pelopor kajian “sinkronik” (mempelajari bahasa pada suatu kurun waktu tertentu saja), menurutnya kajian ini mengandung kesistematisan tinggi. “etat de langue”, suatu keadaan bahasa yang terbebas dari dimensi waktu. Setiap unit bahasa mempunyai tempat dan fungsi sendiri-sendiri.

BAHASA MERUPAKAN FAKTA SOSIAL

Mengacu pada fenomena gagasan-gagasan dalam minda kolektif dalam suatu masyarakat, yaitu yang di luar fenomena fenomena psikologis dan maupun fisikal. Fakta sosial bisa berupa konvensi dan aturan-aturan. Datanya berupa parole, dan sistem umumnya adalah langue. Karena penguasaan bahasa tiap orang berbeda, suatu bahasa tidak pernah lengkap pada diri seseorang; keberadaan lengkapnya secara sempurna hanya di dalam kolektifitas. Jadi, fakta sosial menurut Saussure bukan merupakan minda kolektif maupun gagasan kolektif seperti yang diterangkan oleh Durkheim. Akibat perbedaan tersebut, muncul 2 pendekatan, yaitu pendekatan “individualism metodologis” yang berseberangan dengan pendekatan Durkheim “kolektivitas metodologis”.

PAROLE & LANGUE

-Parole : pemakaian atau realisasi dari langue oleh masing-masing anggota masyarakat bahasa, sifatnya konkret karena parole itu tidak lain daripada realitas fisis yang berbeda dari orang yang satu dengan yang lain. individual fact, merupakan representative dari Langue.
-Langue : keseluruhan sistem tanda yang berfungsi sebagai alat komunikasi verbal antara para anggota masyarakat bahasa, sifatnya abstrak. social fact, merupakan system yang dapat diambil kesimpulan, merupakan kumpulan dari parole parole. Kelengkapan bahasa merupakan collective mind.

SIGNIFIANT & SIGNIFIE

Bahasa merupakan sistem tanda: Signifiant dan Signifie.
-Signifiant (penanda) : citra bunyi atau kesan psikologis bunyi yang timbul dalam pikiran kita.
-Signifie (petanda) : pengertian atau kesan makna yang ada dalam pikiran kita.
Setiap tanda tidak dapat dipisahkan dari tanda yang lain karena baik lafal maupun maknanya dipahami atas perbedaanya dari yang lain.

PARADIGMATIK DAN SINTAKMATIK

-Hubungan sintakmatik : hubungan antara unsur-unsur yang terdapat dalam suatu tuturan,yang tersusun secara berurutan, bersifat linear.
-Hubungan paradigmatik : hubungan unsur-unsur yang terdapat dalam suatu tuturan dengan unsur-unsur sejenis yang tidak terdapat dalam tuturan yang bersangkutan.
Beliau lebih meneliti “paradigmatik” daripada “sintakmatik”, karena paradigmatik merupakan association fact, sedangkan kajian sintakmatik lebih meneliti struktur bahasanya.
Pengikut Saussure kebanyakan adalah linguis Eropa, karena bahasa eropa cenderung paradigmatik. Hubungan paradigmatik (i.e hubungan antar elemen yang dapat saling menggantikan dalam slot yang sama dalam struktur kebahasaan), sementara itu linguis Amerika cenderung ke kajian sintakmatik (i.e unit- unit kebahasaan dapat digabungkan menjadi bangun yang lebih panjang).

POKOK-POKOK PIKIRAN SAUSSURE:

1. Bahasa lisan lebih utama daripada bahasa tulis
karena tulisan hanya merupakan sarana yang mewakili ujaran.
2. Linguistik bersifat deskriptif bukan prescriptive seperti pada tata bahasa tradisional.
Para ahli linguistik bertugas mendeskripsikan bagaimana orang berbicara dan menulis dalam bahasanya, bukan memberi keputusan bagaimana seseorang seharusnya berbicara.
3. Penelitian bersifat sinkronis bukan diakronis seperti pada abad 19.
Walaupun bahasa berkembang dan berubah, penelitian dilakukan pada kurun waktu tertentu.
4. Bahasa merupakan sistem tanda, yang berisi dua yaitu: signifie (petanda) dan signifiant (penanda)
5. Bahasa formal maupun nonformal menjadi objek penelitian.
6. Bahasa merupakan sebuah sistem relasi dan mempunyai struktur.
7. Dibedakan antara langue (bahasa sebagai sistem yang terdapat dalam akal pemakai bahsa dari suatu kelompok sosial) dan parole (bahasa seperti manifestasi setiap penuturnya)
8. Dibedakan antara hubungan asosiatif/paradigmatik dan sintagmatik dalam bahasa.
- hub asosiatif/paradigmatik: hubungan antarsatuan bahasa dengan satuan lain karena ada kesempatan bentuk atau makna.
- hub sitagmatik: hubungan antarsatuan pembentuk sintagma dengan mempertentangkan suatu satuan dengan satuan yang lain yang mengikuti atau mendahului)
read more...
 
 

Dise√ɱado por: Compartid√É­simo
Scrapping elementos: Deliciouscraps©